Rabu, 15 Januari 2014

Tips Memilih Kosmetik yang Aman Untuk Wajah


Tips Memilih Kosmetik yang Aman Untuk Wajah – Tidak semua merk kosmetik yang dijual di pasaran selalu aman digunakan untuk kulit wajah. Masih banyak sekali produk-produk kosmetik yang belum mengantongi izin dari lembaga yang berwenang seperti BPOM atau Departemen Kesehatan. Biasanya produk-produk tersebut mengandung zat-zat berbahaya yang dilarang seperti merkuri, rhodamin B, timbal, arsen, dll. Produk-produk kosmetik seperti ini harusnya kita hindari karena berbahaya bagi kesehatan. Carilah merk kosmetik yang terbukti aman untuk wajah seperti merk yang telah terdaftar di BPOM dan dibuat dari bahan-bahan alami berkhasiat.

Sebelum Anda membeli atau menggunakan produk kosmetik dari pasaran ada baiknya jika terlebih dahulu memperhatikan beberapa tipsnya. Berikut ini adalah tips-tips memilih kosmetik yang aman untuk wajah:

1. Lebih teliti saat memilih dan membeli kosmetik
- Konsumen harusnya lebih rasional dalam memilih kosmetik dan tidak gampang terkena bujukan iklan atau promosi yang menggiurkan.
- Selalu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan suatu kosmetik.
- Memilih produk kosmetik yang sesuai dengan peranan dan khasiatnya masing-masing.

2. Lebih teliti saat memakai kosmetik wajah
- Konsumen harus benar-benar memperhatikan cara pemakaian dan manfaat produk dengan jelas.
- Bagi konsumen yang sedang hamil dan menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pemilihan kosmetik yang aman ke dokter kandungan atau dokter kulit.
- Sebelum Anda memakai suatu produk kosmetik, sebaiknya terlebih dahulu tes uji kepekaan kosmetik yang akan dipakai dengan cara sebagai berikut:
a. Oleskan sedikit produk ke plester, lalu pasang plester pada kulit lengan bawah bagian dalam.
b. Biarkan plester selama 24 jam, setelah itu lepaskan dan lihat apakah terjadi reaksi. Selama waktu tersebut, jaga jangan sampai plester tersebut menjadi basah.
c. Jika terjadi kemerahan, gatal, melepuh atau nyeri pada bagian kulit yang ditutupi plester, maka kemungkinan pengguna produk sensitif atau alergi terhadap produk atau beberapa komponen dalam produk tersebut.
d. Jika tidak ada reaksi sama sekali, maka produk kosmetik tersebut aman untuk kulit atau wajah Anda.
e. Bila reaksi kemerahan, gatal-gatal, melepuh, nyeri atau keluhan lain yang terjadi tidak kunjung hilang atau malah semakin memburuk setelah mencuci bagian yang diuji, segera konsultasikan dengan dokter.
- Simpanlah kosmetik dengan baik dengan cara wadah ditutup rapat dan dijauhkan dari sinar matahari langsung, sedangkan untuk pemakaian jangka panjang bisa dimasukkan ke dalam lemari pendingin agar lebih tahan lama.
- Jangan sampai menggunakan kosmetik milik orang lain, karena belum tentu kosmetik tersebut cocok atau sesuai dengan jenis kulit Anda.
- Jika muncul keluhan seperti iritasi atau efek samping lainnya, segera hentikan pemakaian kosmetik.
- Jika efek samping yang ditimbulkan akibat pemakaian kosmetik semakin parah, maka segera konsultasikan ke dokter kulit.
                                                               
3. Lebih teliti saat membaca informasi yang terdapat pada label/kemasan kosmetik
- Konsumen sebaiknya memperhatikan dengan teliti informasi yang tercantum pada label kemasan seperti cara pemakaian, bahan komposisi, manfaat atau kegunaan, tanggal kadaluarsa atau peringatan lainnya.
- Sangat dianjurkan juga untuk mencari informasi yang lebih lengkap mengenai produk kosmetika tersebut agar semuanya menjadi lebih jelas.
- Bagi produk kosmetik yang sudah teregistrasi diwajibkan mencantumkan nomor izin edar. Sedangkan produk yang ternotifikasi pencantuman nomor notifikasi tidak diwajibkan, tetapi nama dan alamat produsen harus tercantum dengan jelas pada label.
- Daftar produk-produk kosmetik merk apa saja yang sudah teregistrasi atau ternotifikasi oleh BPOM RI dapat dicek pada situs resmi BPOM (www.pom.go.id).

Demikian artikel tentang Tips Memilih Kosmetik yang Aman Untuk Wajah. Semoga ada manfaatnya. Silakan lihat juga artikel kami tentang Pemutih Wajah dari Bahan Alami.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar